7 Cara Menghilangkan Abu Vulkanik di Rumah, Jangan Gunakan Sapu

chocsforchance.org – Cara menghilangkan abu vulkanik bukanlah hal yang mudah. Sebab, selain partikelnya yang halus dan kecil-kecil, abu ini sangat mudah terbawa angin dan menempel di berbagai tempat.

Meski begitu, Anda tetap harus berupaya membersihkannya. Pasalnya, jika dibiarkan, abu vulkanik mungkin membawa dampak yang lebih buruk lagi.

Cara Menghilangkan Abu Vulkanik

Berikut adalah beberapa tips yang bisa Anda gunakan supaya proses menghilangkan abu vulkanik menjadi lebih mudah.

Baca Juga:
Gunung Merapi Erupsi, Sejumlah Wilayah Diguyur Abu Vulkanik

1. Gunakan masker dan pelindung mata

Abu vulkanik yang terhirup atau masuk melalui mata akan berdampak buruk pada kesehatan. Oleh karena itu, pastikan Anda menggunakan masker dan pelindung mata saat ingin membersihkannya.

Usahakan untuk menggunakan masker medis. Jika abu cukup tebal, gunakan tipe N95. Selain itu pastikan Anda juga menggunakan pakaian tertutup.

2. Jangan gunakan sapu

Melansir dari laman Alaska Native Tribal Health Consortium, hindari penggunaan sapu saat membersihkan abu vulkanik. Sebab, sapu hanya akan membuatnya berterbangan di udara.

Baca Juga:
Gunung Semeru Erupsi, Kenali 5 Bahaya Abu Vulkanik Bagi Kesehatan Tubuh

Sebagai gantinya, gunakan vacum cleaner atau semprotkan air dengan tekanan yang cukup kuat. Pastikan untuk mengarahkannya ke luar ruangan.

3. Bersihkan filter udara

Jika memungkinkan, bongkar peralatan listrik Anda seperti kipas angin atau AC setelah hujan abu. Sebab, mungkin saja masih ada sisa abu yang tertinggal di dalamnya.

Setelah itu, bersihkan filter tersebut bersama dengan barang-barang lain yang juga terkontaminasi.

4. Cuci baju segera

Pastikan untuk segera mencuci baju yang Anda gunakan saat keluar di tengah hujan baju. Usahakan untuk mencuci dengan jumlah yang sedikit tetapi menggunakan air lebih banyak.

Sebelum memasukkannya ke mesin pengering, pastikan sudah tidak ada abu vulkanik yang menempel.

5. Sediakan area khusus

Cara menghilangkan abu vulkanik selanjutnya adalah dengan menyediakan satu pintu khusus untuk keluar masuk. Ini akan meminimalkan tambahan abu vulkanik masuk ke dalam rumah.

Setelah melalui area tersebut, mintalah orang-orang untuk membersihkan diri terlebih dahulu.

6. Bersihkan secara berkala

Menghilangkan abu vulkanik mungkin tidak bisa dilakukan dalam satu kali percobaan.Oleh karena itu, setelah erupsi gunung berapi pastikan Anda lebih sering membersihkan rumah, terlebih pada filter AC.

Pembersihan secara berkala ini digunakan untuk mengantisipasi adanya abu vulkanik yang tertinggal.

7. Pakai kain dan spons

Ketika ingin membersihkan permukaan kaca, porselen, atau barang-barang menempel, lakukan dengan kain dan spons yang sudah dibasahi. Usap alat tersebut ke satu arah yang sama dan pastikan untuk melakukannya sebelum Anda membersihkan lantai.

Itulah beberapa cara menghilangkan abu vulkanik yang tepat.

Kontributor : Hillary Sekar Pawestri

Sumber: www.suara.com