Cara Membuat CV untuk Pemula, Data Apa Saja yang Harus Dicantumkan?

chocsforchance.org – Setelah lulus dari perguruan tinggi, para fresh graduate akan memulai langkah awal dalam dunia kerja. Salah satu persiapan yang perlu dilakukan pencari kerja adalah menyiapkan CV atau resume untuk melamar pekerjaan. Pertanyaannya, bagaimana cara membuat CV untuk pemula?

CV menjadi bekal awal menarik perhatian perekrut agar terdorong memanggil pelamar dan melakukan seleksi untuk masuk perusahaan.

Sayangnya, ada banyak CV yang masuk ke perekrut sehingga pelamar harus bersaing dengan pelamar lain untuk masuk ke tahap selanjutnya. Agar dipanggil di perusahaan pilihan, pelamar harus membuat CV semenarik mungkin.

Ilustrasi CV.[Pexels/Cottonbro]

Lantas, bagaimana cara membuat CV menarik untuk para pemula ini?  Dirangkum dari berbagai sumber, berikut beberapa tipsnya.

Baca Juga:
Penting! Inilah 3 Penyebab Pengangguran Kesulitan Dapat Pekerjaan

1. Masukkan identitas yang benar

Perekrut ingin mengenal kamu melalui identitas. Kamu bisa masukkan data diri dengan benar dan sejujurnya mulai menuliskan nama panjang, alamat, nomor telepon, email, media sosial, dan informasi lainnya. Hal ini bertujuan agar perekrut tidak kebingungan untuk menghubungi kamu jika masuk ke dalam daftar kandidat.

Kamu dapat mendeskripsikan diri kamu secara jelas seperti pengalaman, kemampuan bahasa, kemampuan software, soft skill, dan minat pekerjaan.

2. Riwayat pendidikan

Riwayat pendidikan menjadi hal yang penting untuk dicantumkan ke dalam CV. Hal ini agar perekrut bisa mengetahui asal perguruan tinggi atau sekolah si pelamar. Kamu hanya perlu mencantumkan pendidikan SMA dan perguruan tinggi beserta pengalaman-pengalaman yang didapatkan selama studi.

Baca Juga:
Segera Catat! 5 Cara Bijak dalam Menyikapi Kritik dari Atasan Kerja

3. Riwayat pekerjaan

Jika sebelum melamar pekerjaan, kamu ternyata memiliki pengalaman bekerja, cantumkan riwayat pekerjaan sebelumnya. Bagi pemula, ini mencakup magang, part-time, freelance, maupun bekerja secara full-time. Selain pengalaman kerja, kamu juga bisa memasukkan pengalaman organisasi semasa kuliah.

Ilustrasi Seleksi CV (Unsplash.com/Gabrielle Henderson)
Ilustrasi Seleksi CV (Unsplash.com/Gabrielle Henderson)

4. Kualifikasi pribadi

Jika pernah mengambil pelatihan atau sertifikasi di dalam bidang yang kamu lakukan sekarang, jangan lupa tuliskan ke dalam CV. Itu bisa berupa tes bahasa, sertifikasi bidang, dan aktivitas lainnya yang menunjang pekerjaan kamu. Hal ini akan membuat perekrut akan melirik kemampuanmu dan akan memasukkanmu ke dalam kandidat kuat untuk perusahaan.

5. Penghargaan

Jika kamu pernah menerima penghargaan seperti lomba atau pencapaian semasa kerja atau kuliah, tuliskan ke dalam CV. Hal ini akan menjadi nilai lebih dengan mencatat secara detail tahun berapa, di mana, dan seberapa besar pengaruhnya kepada kamu.

Demikian cara membuat CV menarik yang dapat dilakukan oleh pemula atau orang yang baru saja terjun di dunia kerja. Semoga informasi di atas dapat bermanfaat untuk kamu dan selamat mencoba!

Kontributor : Muhammad Zuhdi Hidayat

Sumber: www.suara.com